Jumat, 24 Juni 2011

(Model Rencana Strategis Sekolah)


(Model Rencana Strategis)
VISI
“UNGGUL DALAM PRESTASI TERAMPIL BERDASARKAN IMAN DAN TAQWA, SERTA MENJADI YANG BERKARAKTER MENUJU SEKOLAH NASIONAL BERTARAF  ”.
 Indikator
  • Meningkatnya pengembangan kurikulum.
  • Terwujudnya peningkatan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan.
  • Meningkatnya proses pembelajaran
  • Terwujudnya rencana induk pengembangan sarana prasarana pendidikan
  • Terwujudnya peningkatan kualitas lulusan dalam bidang akademik maupun non akademik
  • Terwujudnya pelaksanaan manajemen berbasis sekolah dan peningkatan mutu kelembagaan.
  • Terjalinnya program penggalangan pembiayaan sekolah.
  • Unggul dalam prestasi akademik, non akademik dalam imtaq.
  • Terlaksananya pengembangan implementasi pembelajaran MIPA dalam bahasa inggris.
MISI
  1. Melaksanakan pengembangan kurikulum :
    • Melaksanakan pengembangan kurikulum satuan pendidikan
    • Melaksankan pengembangan pemetaan kompetensi dasar semua mata pelajaran.
    • Melaksanakan pengembangan silabus.
    • Melaksanakan pengembangan rencana pembelajaran.
    • Melaksanakan pengembangan system penilaian.
  2. Melaksanakan Pengembangan Tenaga Kependidikan
    • Melaksanakan pengembangan profesionalitas guru
    • Melaksanakan peningkatan kompetensi guru
    • Melaksanakan peningkatan kompetensi TU dan tenaga kependidikan lainnya
    • Melaksanakan monitoring dan evaluasi kepada guru, TU dan tenaga kependidikan lainnya.
  3. Melaksanakan Pengembangan Proses pembelajaran.
    • Melaksanakan pengembangan metode pengajaran.
    • Melaksanakan pengembangan strategi pembelajaran
    • Melaksanakan pengembangan strategi penilaian.
    • Melaksanakan pengembangan bahan ajar/sumber pembelajaran.
  4. Melaksanakan Rencana Induk Pengembangan Fasilitas Pendidikan
    • Mengadakan media pembelajaran
    • Mengadakan sarana prasarana pendidikan.
    • Menata lingkungan belajar sehingga tercipta lingkungan belajar yang kondusif.
  5. Melaksanakan Pengembangan/Peningkatan Standar Ketuntasan dan Kelulusan.
  6. Melaksanakan Pengembangan Kelembagaan dan Manajemen Sekolah.
    • Mengadakan kelengkapan administrasi sekolah melalui system administrasi sekolah terpadu.
    • Melaksanakan MBS.
    • Melaksanakan monitoring dan evaluasi.
    • Melaksanakan supervise klinis.
    • Melaksanakan pengakrifan website sekolah.
    • Menyusun RPS.
  7. Melaksanakan Program Penggalangan Pembiayaan Sekolah
    • Melaksanakan Pengembangan Jalinan Pinjaman Dana
    • Melaksanakan Usaha Peningkatan Penghasilan Sekolah
    • Pendayagunaan Potensi Sekolah (Lingkungan )
    • Melaksanakan Program Subsidi Silang.
  8. Melaksanakan Pengembangan Penilaian
    • Melaksanakan Pengembangan Perangkat/ Model-Model Pembelajaran
    • Melaksanakan program evaluasi pembelajaran
    • Menyiapkan siswa melalui kegiatan pengembangan bidang akademis, non akademis dan imtaq.
    • Mengikuti kegiatan lomba akademis dan non akademis dan keagamaan.
  9. Melaksanakan Program Pengembangan/Implementasi Pembelajaran MIPA dalam Bahasa Inggris.
    • Melaksanakan kegiatan peningkatan mutu, konstusifitas belajar lingkungan sekolah.
    • Meningkatkan profesionalisme dan kompetensi guru MIPA dan Bahasa Inggris.
    • Mengadakan dan mengembangkan fasilitas pembelajaran.
    • Mengembangkan manajemen pengelalaan.
TUJUAN
  1. Sekolah Mengembangkan Kurikulum
    • Mengembangkan kurikulum satuan pendidikan pada tahun 2006.
    • Mengembangkan pemetaan SK, KD, Indikator untuk kelas 7, 8, 9 pada tahun 2007.
    • Mengembangkan RPP untuk kelas 7, 8, 9 semua mata pelajaran.
    • Mengembangkan sistem penilaian berbasis kompetensi.
  2. Sekolah Mencapai Standar Isi (Kurikulum) pada tahun 2008.
  3. Sekolah memiliki/mencapai standart proses pembelajaran meliputi tahun 2007
    • Melaksanakan pembelajaran dengan strategi CTL.
    • Melaksanakan pendekatan belajar tuntas.
    • Melaksanakan pembelajaran inovatif.
  4. Sekolah memiliki/mencapai standart pendidikan dan tenaga kependidikan sesuai SPM pada tahun 2008.
  5. Sekolah memiliki/mencapai standart sarana/prasarana/fasilitas pada tahun 2009.
  6. Sekolah memiliki/mencapai standarat pengelolaan sekolah.
  7. Sekolah memiliki/mencapai standart pencapaian ketuntasan keompetensi/prestasi/ lulusan.
  8. Sekolah memiliki/mencapai standart pembiayaan sekolah.
  9. Sekolah memiliki/mencapai standart sekolah nasional bertaraf Internasional
PROGRAM STRATEGIS.
  1. Pengembangan standart Isi/Kurikulum.
    • Pengembangan kurikulum satuan pendidikan .
    • Pengembangan silabus.
    • Pengembangan RPP.
    • Pengembangan pemetaan Sk, KD.
    • Pengembangan system penilaian.
  2. Pengembangan dan peningkatan SDM pendidikan dan tenaga kependidikan.
  3. Pengembangan standart proses pembelajaran
  4. Pengembangan sarana, prasarana dan media pembelajaran.
  5. Pengembangan standart pencapaian ketuntasan/kelulusan optimal.
  6. Pengembangan manajemen sekolah dan kelembagaan.
  7. Pengembangan komite sekolah dan pembiayaan pendidikan.
  8. Pengembangan kegiatan lomba akademik dan non akademik.
  9. pengembangan implementasi program pembelajaran MIPA dalam bahasa inggris menuju kelas bertaraf internasional.
STRATEGI PELAKSANAAN :
Program-program Strategis dapat dicapai melalui strategi :
  1. Sosialisasi.
  2. Kerjasama yang sinergis dengan stake holder.
  3. Diklat (Inservice Training/on service training)
  4. Workshop.
  5. Seminar.
  6. Pengaktifan MGMP.
  7. In house training.
  8. Pembinaan potensi siswa
    • Pembinaan berbais Multiintelegences
    • Ekstrakurikuler
    • Lomba-lomba
  9. Pembekalan
  10. Pemberdayaan.
  11. Studi banding
  12. PEngadaan pembangunan.
 
HASIL YANG DIHARAPKAN.
  1. Terpenuhinya Kurikulum Sekolah sesuai PP No 15 tahun 2005 pada tahun 2010.
    • Tersusunnya kurikulum tingkat satuan pendidikan.
    • Pemetaan SK/KD, aspek, indikator
    • Silabus untuk semua mata pelajaran kelas 7 – 9.
    • Sistem penilaian untuk semua mata pelajaran kelas 7 -9.
    • Rencana program pembelajaran untuk semua mata pelajaran kelas 7 – 9.
  1. Terpenuhinya tenaga pendidikan dan tenaga kependidikan sesuai SNP pada tahun 2009.
  2. Terpenuhinya standard proses pembelajaran yang menggunakan CTL dalam proses sesu SNP.
  3. Terpenuhinya sarana prasarana dan media pendidikan sesuai SNP :
    • Ruang kelas pada tahun 2011
    • Ruang computer pada tahun 2012.
    • Ruang lab IPA pada tahun 2012
    • Media pendidikan pada tahun 2012.
  4. Tercapainya standart ketuntasan dan kelulusan sesuai SNP pada tahun 2010.
  5. Terwujudnya MBS sesuai SNP dan mutu kelembagaan.
  6. Terpenuhinya standart pembiayaan pendidikan sesuai SNP pada tahun 2010.
  7. Terlaksananya standart penilaian melalui implementasi model-model penilaian dan lomba-lomba potensi akademis, non akademis dan imtaq.
  8. Terlaksananya implementasi pembelajaran MIPA dalam bahasa inggris menuju sekolah nasional bertaraf internasional pada tahun 2010.

Tidak ada komentar: