Membuat Kuis
Pilihan Ganda dengan Adobe Flash
Langkah-Langkah:
1. Aktifkan
program Adobe Flash CS3 Anda. Pada kolom Creat New, pilih Flash File (ActionScript 2.0).
2. Opsional:
Pada Frame 1 Layer 1, buat background
dengan rectangle tool:
Klik Fill color
|
Klik rectangle tool
|
2.1. Klik
rectangle tool.
2.2. Klik
kotak Fill color untuk memilih warna background.
2.3. Buat
kotak persegi panjang di stage (area kerja).
|
3. Klik
kanan frame 7, pilh Insert Keyframe. Kunci Layer 1.
4. Buat layer
baru (Layer 2): Klik Insert
Layer (sudut kiri bawah timeline), atau klik Insert > Timeline > Layer.
5. Klik
Frame 1 Layer 2, buat judul kuis dengan static
text sesuai dengan pilihan Anda:
5.1.
Klik text ool.
5.2.
Di properties pilih static text. Kalau tidak ada
jendela properties di bawah stage (area kerja), klik Window > Properties > Properties.
5.3.
Tentukan jenis font, contoh: Arial Black.
5.4.
Tentukan
ukuran font, contoh: 16.
5.5.
Tentukan
warna font, contoh: putih.
5.6.
Drag/seret tanda panah dengana huruf T ke area kerja,
klik di area kerja kemudian buat tulisan yang dimaksud (judul kuis).
Show border around text
|
Warna Font
|
Ukuran Font
|
Jenis Font
|
Pilih static text
|
Klik Text Tool
|
6. Di bawah
judul buat petunjuk pengisian kotak
nama, misal: “Tulislah namamu di kotak di bawah ini, kemudian klik MULAI”
(tanpa tanda kutip).
7. Di
bawah petunjuk pengisian tsb
buatlah kotak nama dengan Input Text
(aktifkan ‘Show border around text’). Pilih fill color: putih, ukuran font 14 dan warna font: hitam. Pada Var,
ketik ‘nama’ (tanpa tanda kutip).
Sejauh ini hasilnya seperti gambar di bawah.
8. Klik
kanan Frame 2 Layer 2, pilih Insert Blank Keyframe. Buat soal beserta
pilihan jawabannya dengan cara:
·
Klik Text Tool (Huruf T) pada Tool Box.
·
Pada properties, pilih Static Text.
·
Tentukan jenis font (Arial Black), ukuran (18),
warna (biru muda).
·
Tulis: “ Soal No. 1”, kemudian di bawahnya tulis
soal dengan 4 kemungkinan jawabannya.
9. Klik Frame 2 Layer 2, kemudian tekan F6 sebanyak 4 kali pada Keyboard untuk meng-copy frame sampai
dengan Frame 6. Klik Frame 3 untuk membuat soal nomor dua, ganti soal
beserta jawabannya. Demikian seterusnya sampai dengan soal nomor lima yang ada
di Frame 6.
10. Klik kanan Frame 7 Layer 2, pilih Insert Blank Keyframe. Sampai di sini, kunci Layer 2 dan simpan dulu dengan nama file: LATIHAN1.
11. Buat
Layer baru (Layer 3). Klik Frame 1, Buat teks ‘MULAI’ (tanpa tanda kutip) dengan Static Text, ukuran font: 45 dan warna font: putih, letakkan di
bawah kotak nama. Klik Selection Tool (tanda panah paling atas pada Tools), Klik kanan pada teks ‘MULAI’ tersebut, pilih Convert to Symbol, Type-nya pilih Button, lalu klik OK. Pastikan Panel Properties aktif, pada kotak Instance Name ketik ‘startbutton’ (tanpa tanda kutip).
12. Klik
kanan Frame 2 layer 3, pilih Insert
Blank Keyframe. Buat object kotak
dengan Rectangle Tool sehingga menutupi pilihan jawaban A. Tekan F8, atau klik kanan, Convert
to Symbol, pada Type pilih ‘Button’,
klik OK. Klik ganda kotak
yang telah dikonversi menjadi button tersebut. Klik kanan pada Frame Up,
pilih Cut Frames, klik kanan pada Frame Hit, pilih Paste
Frames. Kemudian klik Scene 1
pada Timeline.
13.
Pastikan button kotak terseleksi, Ketik ‘button_a’ pada kotak Instance
Name pada panel Properties.
14. Kopi button kotak tadi (klik kanan, Copy, Paste 3 kali) dan masing-masing letakkan
tepat di atas pilihan B, C, dan D. Seleksi button di atas pilihan jawaban B,
Ubah Instance Name-nya menjadi ‘button_b’, di atas pilihan jawaban C menjadi
‘button_c’, dan di atas pilihan jawaban D menjadi ‘button_d’. Sampai di sini, simpan dulu (tekan Ctrl+S).
15. Klik
Frame 2 Layer 3, tekan F6 4 kali untuk men-copy frame. Klik kanan Frame 7 Layer 3, pilih Insert Blank Keyframe. Kunci Layer 3.
16. Buat
Layer baru (Layer 4). Klik Frame 1 . Tekan F7 6 kali. Masih di Layer 4, kembali klik Frame 1,
lalu tekan F9 untuk menampilkan panel Action dan masukkan ActionScript berikut (bisa dengan
Copy-Paste):
stop();
score = 0;
startbutton.onPress
= function() {
nextFrame();
};
17. Klik
Frame 2 Layer 4, masukkan ActionScript berikut:
stop();
onEnterFrame =
function () { skor = +score;};
button_a.onPress
= function() {
nextFrame();
};
button_b.onPress
= function() {
score += 20;
nextFrame();
};
button_c.onPress
= function() {
nextFrame();
};
button_d.onPress
= function() {
nextFrame();
};
Keterangan: Soal no. 1 kunci jawabannya B.
Jika button_b (pilihan jawaban B) diklik skor bertambah 20 dan menuju frame
berikutnya yang berisi soal berikutnya.
18. Klik
Frame 3 (masih di Layer 4), masukkan ActionScript berikut:
stop();
onEnterFrame =
function () { skor = +score;};
button_a.onPress
= function() {
score += 20;
nextFrame();
};
button_b.onPress
= function() {
nextFrame();
};
button_c.onPress
= function() {
nextFrame();
};
button_d.onPress
= function() {
nextFrame();
};
Keterangan: Soal no. 2 kunci jawabannya A.
Jika button_a (pilihan jawaban A) diklik skor bertambah 20 dan menuju frame
berikutnya yang berisi soal berikutnya.
19. Klik
Frame 4 (masih di Layer 4), masukkan ActionScript berikut:
stop();
onEnterFrame =
function () { skor = +score;};
button_a.onPress
= function() {
score += 20;
nextFrame();
};
button_b.onPress
= function() {
nextFrame();
};
button_c.onPress
= function() {
nextFrame();
};
button_d.onPress
= function() {
nextFrame();
};
Keterangan: Soal no. 3 kunci jawabannya A.
Jika button_a (pilihan jawaban A) diklik skor bertambah 20 dan menuju frame
berikutnya yang berisi soal berikutnya.
20. Klik
Frame 5 (masih di Layer 4), masukkan ActionScript
berikut:
stop();
onEnterFrame =
function () { skor = +score;};
button_a.onPress
= function() {
nextFrame();
};
button_b.onPress
= function() {
nextFrame();
};
button_c.onPress
= function() {
score += 20;
nextFrame();
};
button_d.onPress
= function() {
nextFrame();
};
Keterangan: Soal no. 4 kunci jawabannya C.
Jika button_c (pilihan jawaban C) diklik skor bertambah 20 dan menuju frame
berikutnya yang berisi soal berikutnya.
21. Klik
Frame 6 (masih di Layer 4), masukkan ActionScript berikut:
stop();
onEnterFrame =
function () { skor = +score;};
button_a.onPress
= function() {
nextFrame();
};
button_b.onPress
= function() {
score += 20;
nextFrame();
};
button_c.onPress
= function() {
nextFrame();
};
button_d.onPress
= function() {
nextFrame();
};
Keterangan: Soal no. 5 kunci jawabannya B.
Jika button_b (pilihan jawaban B) diklik skor bertambah 20 dan menuju frame
berikutnya.
Sampai di sini, simpan dulu (tekan Ctrl+S).
22. Selanjutnya,
buka kunci Layer 2 dengan cara klik
tanda gambar gembok di Layer tersebut. Klik
kanan kotak Input Text yang
telah dibuat di Frame 1 Layer 2, Copy dan Paste-kan di Frame 7
(masih di Layer 2). Klik ganda kotak
Input Text dan ketik ‘tanpa nama’ (Upayakan agar warna tulisan kontras dengan warna bacground input text
tadi). Lihat di Properties,
jenis text yang dipilih harus Input Text,
kemudian pada var isikan ‘nama’.
23. Di
bawah kotak Input Text, ketik ‘Nilai Anda:’ dengan
ukuran Font 15 (Type Text-nya Static Text).
24. Di
bawah teks ‘Nilai anda:’, buat Dynamic
Text kosong dengan cara klik Text Tool (T) pada panel
Tools, pastikan panel Properties aktif, kemudian pilih Dynamic Text dengan ukuran font
50, klik di bawah teks ‘Nilai Anda:’ dan drag ke kanan. Pada kotak ‘Var’, ketik ‘skor’.
25. Di
bawah ‘Dynamic Text’ dengan nama
Variable ‘skor’, ketik dengan tipe teks
Static Text ‘Kriteria ketuntasan
Minimal (KKM): 80’.
26. Di bawah teks ‘Kriteria ketuntasan Minimal (KKM): 80’, buat lagi Dynamic Text kosong dengan nama
variable ‘keterangan’. Kembali kunci Layer 2.
Tampilan Stage pada Frame 7 Layer 2 adalah seperti
tampak di gambar berikut:
27. Selanjutnya,
buka kunci Layer 3. Klik Frame 7 Layer 3. Ketik ‘ULANGI’ dengan tipe teks Static Text.
Klik kanan teks tersebut, pilih Convert to Symbol, tipenya Button. Pastikan panel Properties aktif
dan pada kotak Instance Name ketik ‘restart_button’. Kembali kunci Layer 3.
28. Klik
Frame 7 Layer 4 (pastikan Layer 4 tidak terkunci) kemudian tekan F9 untuk mengaktifkan panel Action dan masukkan ActionScript berikut:
if
(score>=80) {
keterangan = "Bagus!
Pertahankan Prestasi!";
}
if
(score<=60) {
keterangan = "Anda belum
tuntas. Belajar lagi, ya!";
}
restart_button.onPress
= function() {
gotoAndStop(1);
};
29. Selesai
dan tekan Ctrl+S untuk menyimpan. Di
bawah adalah tampilan akhir jendela Flash Ducument frame terakhir (7).
30. Untuk
melihat hasilnya, tekan Ctrl+Enter.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar