Minggu, 12 Juni 2011

PERBEDAAN PEMBELAJARAN TUNTAS DAN KONVENSIONAL

 
PERBEDAAN PEMBELAJARAN TUNTAS DAN KONVENSIONAL
disusun Oleh :
                Ali Kusnindar Yuyus


PEREBEDAAN PEMBELAJARAN TUNTAS DENGAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
LANGKAH LANGKAH
ASPEK PEMBEDA
PEMBELAJARAN TUNTAS
PEMBELAJARAN KONVENSIONAL
A.      Persiapan
1.       Tingkat Ketuntasan
Diukur dari peformance peserta didik dalam setiap unit (satuan kompetensi atau kemampuan dasar) setiap peserta didik harus mencapai nilai 75
Diukur dari Performance peserta didik yang dilakukan secara acak
2.       Satuan Acara Pembelajaran
Dibuat untuk satu minggu pembelajaran, dan dipakai sebagai pedoman guru serta diberikan kepada peserta didik
Dibuat satu minggu pembelajaran dan hanya dipakai sebagai pedoman guru
3.       Pandangan terhadap kemampuan peserta didik saat memasuki satuan pembelajaran tertentu
Kemampuan hampir sama, namun tetap ada variasi
Kemampuan peserta didik dianggap sama
B.      Pelaksanaan Pembelajaran
4.       Bentuk pembelajaran dalam satu unit kompetensi atau kemampuan dasar
Dilaksanakan dengan pendekatan klasikal, kelompok dan individual
Dilaksanakan sepenuhnya melalui pendekatan klasikal
5.       Cara Pembelajaran dalam setiap standar kompetensi atau kompetensi dasar
Pembelajaran dilaksanakan melalui penjelasan guru (lecture), membaca secara mandiri dan terkontrol, berdiskusi dan belajar secara individual
Dilakukan melalui mendengarkan, tanya jawab, dan membaca (tidak terkontrol)
6.       Orientasi pembelajaran
Pada terminal peerformance peserta didik (kompetensi atau kemampuan dasar) secara individual
Pada bahan pembelajaran
7.       Peranan Guru
Sebagai pengelola pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan peserta didik secara individual
Sebagai pengelola pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan seluruh peserta dididk dalam kelas
8.       Fokus kegiatan pembelajaran
Ditujukan kepada masing-masing peserta didik secara individual
Ditujukan kepada peserta didik dengan kemampuan menengah
9.       Penentuan keputusan mengenai satuan pembelajaran
Ditentukan oleh peserta didik dengan bantuan guru
Ditentukan sepenuhnya oleh guru
C.      Umpan Balik
10.   Instrumen umpan balik
Menggunakan berbagai jenis serta bentuk tagihan secara berkelanjutan
Lebih mengandalkan pada penggunaaan tes objektif untuk penggalan waktu tertentu
11.   Cara membantu peswerta didik
Menggunakan sistem tutor dalam diskusi kelompok (small-group learning activities) dan tutor yang dilakukan secara individual
Dilakukan oleh guru dalam bentuk tanya jawab secara klasikal

Tidak ada komentar: